Senin, 21 Mei 2012

1. PENDAHULUAN KOMPUTER


1.1 Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan bahasa di dunia semakin pesat. Bahasa digunakan seseorang untuk berkomunikasi satu sama lain. Dalam berbahasa, kita sering kali menemui kata atau istilah-istilah yang tidak kita mengerti, untuk itulah diperlukan sarana yang dapat mengartikan istilah-istilah tersebut yaitu kamus. Kamus diperlukan untuk menerangkan suatu kata atau istilah yang tidak kita ketahui. Ada banyak sekali bahasa di dunia ini, termasuk bahasa dalam dunia komputer.
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan komputer dan Teknologi Informasi dari waktu ke waktu terus berkembang. Komputer sekarang sudah merambah dalam segala bidang kehidupan, sehingga mau tidak mau kita harus berhadapan dengan dunia komputerisasi. Seperti halnya kita berkomunikasi, dalam dunia komputer juga memiliki istilah-istilah tersendiri yang banyak tidak kita ketahui. Untuk itulah dalam penulisan ilmiah ini penulis mencoba untuk membuat aplikasi Kamus Istilah Komputer menggunakan aplikasi Borland Delphi 7.0.
Adanya aplikasi Kamus Istilah Komputer ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kita tentang istilah-istilah yang digunakan dalam dunia komputer dan Teknologi Informasi. Untuk dapat menikmati teknologi tersebut dibutuhkan perangkat yang dapat mengakomodasinya, perangkat tersebut adalah komputer. Dunia komputer memberikan kita kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam penggunaan kamus yang akan penulis bahas pada penelitian ilmiah ini. Karena menggunakan media komputer, jadi kamus yang akan penulis buat merupakan kamus elektronik yang mana dalam hal pencarian datanya dapat lebih cepat dibandingkan menggunakan kamus dalam bentuk buku.
1
2
Penulis melihat bahwa aplikasi Kamus Istilah Komputer ini bukan yang pertama kali ada. Seperti kamus-kamus elektronik lainnya, secara umum kondisi kamus sejenis hanya dapat digunakan untuk mencari kata dan melihat hasilnya saja. Pada aplikasi Kamus Istilah Komputer ini penulis membuat aplikasi ini pada saat digunakan user dapat menambahkan kata atau menghapus kata di dalam database Kamus Istilah Komputer, selain itu user juga dapat mencetak hasilnya dengan media printer.
1.2 Ruang Lingkup / Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membahas mengenai cara membuat aplikasi Kamus Istilah Komputer dengan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7.0, agar penulisan dapat mencapai tujuan yang diinginkan, penulis merasa perlu untuk membatasi masalah. Pembahasan dalam penulisan ilmiah ini meliputi desain tampilan, diagram alur dan cara penggunaan Kamus Istilah Komputer ini.
Kamus Istilah Komputer ini dirancang untuk dapat bekerja pada sistem operasi komputer berbasis Windows antara lain Windows 98, Windows 2000 dan Windows XP.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ilmiah ini menggambarkan tahap-tahap pembuatan Aplikasi Kamus Komputer dengan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7.0. Aplikasi Kamus Istilah Komputer ini digunakan untuk mengetahui arti dari kata atau istilah-istilah yang dikenal dalam dunia komputer dan IT. Penulis berharap agar pembuatan aplikasi Kamus Istilah Komputer ini dapat membantu pada saat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia komputer.
1.4 Metodologi Penelitian
Dalam kegiatan penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode kepustakaan untuk mempelajari dasar- dasar teknik pemograman pada aplikasi
3
Borland Delphi 7.0, serta wacana yang membahas tentang istilah-istilah dalam dunia komputer dan IT.
1.5 Sistematika Penulisan
Di dalam tulisan ilmiah ini terdapat 4 (empat) buah bab yang terdiri dari:
Bab I Pendahuluan
Bab ini berisikan tentang pendahuluan yang menggambarkan latar belakang, ruang lingkup, tujuan, metode penelitian dan sistematika dari penulisan ilmiah ini.
Bab II Landasan Teori
Bab ini penulis menjelaskan tentang teori-teori yang berkaitan dengan isi penulisan ilmiah ini. Di bab ini akan dijelaskan tentang seluk-beluk kamus, pemrograman berorientasi objek dengan Borland Delphi 7.0, penjelasan dan penggunaan program Borland Delphi 7.0 yang digunakan untuk menunjang isi dari penulisan ilmiah ini.
Bab III Perancangan dan Implementasi
Dalam bagian ini akan menganalisa masalah, menggambarkan pembuatan aplikasi Kamus Komputer yang dibuat dengan program Borland Delphi 7.0, baik cara atau alur program tersebut.
Bab IV Penutup
Bab ini merupakan bab penutup. Bab ini juga berisi kesimpulan penulis berdasarkan proses pembuatan dan implementasi aplikasi Kamus Komputer dan saran-saran dari penulisan ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar